what’s next?

Dalam 5 tahun ini, yang saya rencanakan sudah terpenuhi meskipun hasil yang saya dapatkan tidak mutlak dihitung secara kuantitatif. Ada yang pernah bilang, ketika hidupmu dikuantitatifkan, maknanya akan menjadi buram. Mengambil makna dan nilai dari setiap langkah perjalanan ini membuat saya tetap belajar untuk bersyukur.

Lalu, terus apa? ngapain lagi? Banyak rencana-rencana yang berkeliaran dipikiran, itulah saya. Kebanyakan mikir, eksekusinya lama. Ini alon-alon waton kelakon banget. Yang satu masih baru, pengen jalan yang lain juga. Banyak ide-ide yang masuk di otak hasil dari cekokan orang-orang di sekitar. Tawaran menjadi dosen, tapi harus menempuh S2 lagi biar linier. Ide untuk mengambil S3 (lalu saya jawab: saya jadi S3 (baca: estri/istri) dulu dah, baru mikir kalau memang nanti pengen sekolah lagi), tawaran perjodohan-perjodohan dari kanan kiri..hoalah..uripku asik, banyak yang perhatian. Beda tipis ya, antara perhatian sama kepo. Jujur, sangat amat pengen memulai untuk bekerja sendiri. Tapi, masih bingung mau mulai dari mana dan bidang apa yang mau di lakoni. Tuh, kebanyakan mikir jadi malah nggak kelakon.

Teman-teman yang seusia saya, bahkan yang usianya beberapa tahun dibawah saya sudah pada bekeluarga dan mulai menabung untuk menikah. Kalau saya, sementara ini menabung untuk bisa backpacker ke negara tetangga yang bebas visa dulu atau ke Indonesia bagian timur selain Ambon (sudah pernah seminggu keliling Ambon, pantainya mantap!). Ibu bilang, hidup saya kurang serius karena isinya jalan-jalan ke situ-situ aja (jalan-jalan saya kurang jauh, karena cuma di Jawa, Bali, Ambon, paling jauh Malaysia dan Singapura aja) dan nggak segera resign dari kantor untuk membuka kantor sendiri. Ketika Ibu sudah mencecar dengan omelan sayangnya begitu, saya cuma bisa menjawab, iya nanti Ma. So, what’s next MbaJeng? For now, I just live my life…ingin mencoba petualangan baru, nanti.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s